Senin, 30 Mei 2016

MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI



PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Pernahkan kalian mendengar istilah teknologi ?
Istilah teknologi berkaitan dengan suatu kreasi dan penemuan manusia. Biasanya kreasi dan penemuan tersebut berupa alat – alat yang akan memudahkan pekerjaan manusia. Bisa kalian bayangkan bila mesin uap tidak ditemukan, mungkin sekarang kita berpergian masih menggunakan kuda atau malah berjalan kaki. Tapi setelah ditemukannya mesin uap berkembang pula kendaraan bermesin lainnya seperti : sepeda, motor, mobil, pesawat, yang merupakan sarana tranportasi hasil perkembangan teknologi. Dengan demikian manusia mendapat kemudahan untuk melakukan perjalanan.
Dengan akal dan kecerdasarnya manusia mampu mengembangkan teknologi dari yang sederhana sampai yang lebih modern.

B.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI
Teknologi adalah pengetahuan teknik yaitu cara melakukan suatu kegiatan dengan menggunakan alat tertentu.
Produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang. Teknologi produksi bisa berarti cara melakukan kegiatan dengan menggunakan alat tertentu untuk menghasilkan barang.
Apakah teknologi produksi pada masyarakat masa lalu sama dengan pada masyarakat masa kini.

1.      Membandingkan Teknologi Produksi Masa Lalu Dan Masa Kini.
Ketika ilmu pengetahuan berkembang maka berkembang pula teknologi. Taukah kalian alat – alat apa saja itu ? Alat – alat tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Dengan alat yang lebih modern pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, ringan, dan hasilnyapun lebih banyak.
Kegiatan produksi dilakukan oleh masyarakat lalu maupun masa kini untuk memenuhi kebutuhan hidup. Taukah kalian kebutuhan hidup manusia ?. Kebutuhan hidup manusia terutama makana, pakaian dan tempat tinggal.

a.       Produksi bahan makanan
      Pernahkah kalian melihat orang mengarap tanah pertanian ?. Sebelum ditanami biasanya dilakukan penguburan tanah dengan cara dicangkul dan dibajak. Masyarakat masa kini sudah dapat menggunakan traktor untuk menguburkan tanah dengan menggunakan alat bermesin sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih ringan.

b.      Produksi bahan pakaian
      Untuk memenuhi kebutuhan sandang, masyarakat masa lalu menggunakan alat tenun dan kayu dengan rakitan yang sangat sederhana. Tentu saja pekerjaan ini memerlahkan tenaga yang cukup besar dan memerluhkan waktu yang lama. Namun produk yang dihasilkan tidak banyak.
      Masyarakat masa kini sudah dapat memenuhi kebutuhan bahan pandangnya dengan mudah. Alat – alat yang berteknologi modern sudah banyak ditemukan.
      Pabrik tekstil dengan mesin – mesin modern dapat menghasilkan kain dalam jumlah besar dan berkualitas yang tinggi.

c.       Produksi bahan bangunan
      Selain bahan pangan dan bahan sandang, manusia juga memerluhkan rumah sebagai tempat tinggal sebagai perlengkapan rumah tangga seperti kursi, tempat tidur, lemari, merupakan kebutuhan hidup lainnya yang diperluhkan.
      Masyarakat masa lalu memotong kayu menggunakan kapak dan peralatan sederhana waktu yang diperluhkan pun cukup lama untuk mengerjakannya. Sedangkan sekarang orang memotong kayu dapat menggunkan gergaji mesin. Hasil yang didapat pun sangat banyak.
2.      Proses produksi kekayaan alam
      Pengelolaan sumber daya alam dari bahan baku menjadi barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut proses produksi.

a.       Proses produksi bahan makanan
Proses produksi mulai menguburkan tanah penanaman bibit pemeliharaan tanama, menanam hasil tanaman, pengolahan bahan makanan dan bahan makanan siap dikonsumsi.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar